Remaja Semarang Ikuti Sarasehan Menggambar Kartun Bersama SECAC

Peserta sarasehan praktik menggambar kartun

SECAC- Sejumlah remaja di Kota Semarang mengikuti sarasehan menggambar kartun bersama Semarang Cartoon Club (SECAC), Sabtu (24/10). Mereka terdiri dari pelajar SMA dan mahasiswa yang memiliki minat menggambar. Sarasehan berlangsung di gedung Best FM, Jalan Abdulrahman Saleh No 514 Semarang

Beberapa pengelola SECAC hadir dalam sarasehan tersebut. Diantaranya, Koesnan Hoesie, Slamet Widodo, Heru Garsita, Agus S dan Abdul Arif. Peserta mendapatkan materi orientasi seputar kartun dari pengelola SECAC. Mereka juga berkesempatan praktik menggambar dan mendapatkan evaluasi.

Koesnan Hoesie yang merupakan Dewan Pembina SECAC menjelaskan perkembangan komunitas kartun di Indonesia. Ada sejumlah komunitas kartun yang eksis di sejumlah daerah. Dari sejumlah komunitas yang ada, SECAC merupakan komunitas yang tertua.


Kartunis SECAC Koesnan Hoesie memandu peserta sarasehan menggambar kartun, Sabtu (24/10).

Dia juga memberikan gambaran secara umum mengenai kartun yang berkembang. "Semua mayornya kartun. Tapi ada bagiannya, yaitu kartun gag dan kartun politik. Gag misinya lucu kalau kartun politik mengandung misi opini dari redaksi," paparnya

Sementara itu, ketua SECAC Slamet Widodo mengenalkan  SECAC kepada peserta. Dia mengungkapkan, SECAC lahir pada 18 April 1982 sebagai organisasi profesional kartunis.
 
"Kegiatannya menjadi kontributor kartun di media cetak. Juga mengikuti lomba internasional," katanya.

Anggota SECAC, Heru juga memberikan motivasi kepada peserta. Menurut dia, menggambar itu bukanlah bakat. "Tetapi butuh proses. Kami ini sudah kenyang corat-coret, tetapi kami masih belajar," katanya.

Niki Doy, mahasiswa UIN Walisongo yang ikut serta dalam sarasehan itu mengaku senang. Dia mengatakan  banyak ilmu yang diperolehnya dari para kartunis hebat Semarang. "Saya semakin termotivasi untuk berkarya membuat kartun. Saya ingin bisa," katanya. (rif)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Remaja Semarang Ikuti Sarasehan Menggambar Kartun Bersama SECAC"

Post a Comment