Berakhir Tahun Sambil Menikmati Pameran Kartun

Berakhir Tahun Sambil Menikmati Pameran Kartun di Lawang Sewu
SECAC- Sekitar 70 karya kartunis terbaik Kota Semarang yang tergabung dalam Komunitas Semarang Cartoon Club (Secac) dipamerkan di Gedung Lawang Sewu Kota Semarang, kemarin hingga 1 Januari 1016.

Selain indah karena menampilkan gambar-gambar menarik, kartun-kartun tersebut juga menyisipkan pesanpesan moral tentang politik, hukum, dan kehidupan sosial keagamaan. Tak hanya menikmati karya kartun, para pengunjung yang ingin mengabadikan dirinya dalam bentuk kartun juga dilayani. Di lokasi itu, ada gerai khusus yang melayani gambar kartun pengunjung.

“Tadinya hanya ingin mengajak keluarga menyaksikan keindahan tempat ini, tidak tahunya ada pameran kartun. Jadi, saya tertarik menyaksikan karena saya memang sejak kecil hobi dengan kartun,” kata Lukman, 42, salah seorang pengunjung asal Kebumen. Lukman mengaku pameran kartun itu menambah semarak suasana liburan di Lawang Sewu.

Sebab, selama ini masyarakat hanya disuguhkan dengan bangunan peninggalan Belanda itu tanpa ada kegiatan di dalamnya. “Saya ke sini (Lawang Sewu) sudah beberapa kali, namun baru kali ini ada kegiatan pameran yang sangat menarik. Menurut saya, kegiatan semacam ini terus ditingkatkan agar pengunjung tidak bosan,” ucapnya.

Sementara menurut Partono, 43, anggota Secac, mengatakan, pameran tersebut sengaja digelar di Lawang Sewu sebagai ikon Kota Semarang. “Ini pameran akhir tahun dari Secac. Selain kami, ada pula teman- teman kartunis dari daerah lain, termasuk luar Jawa,” kata dia.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Partono, dihadirkan karya- karya kartun terbaik dari para anggota. Bukan hanya kartun sembarangan, beberapa karya kartun yang dihadirkan pernah menjadi pemenang dalam ajang lomba kartun, baik tingkat nasional maupun internasional, seperti karya dari kartunis Ikhsan dan Jitet Koestana.

“Tema umum yang kami ambil adalah Semarang Mesem , artinya dengan pameran ini kami ingin mengajak masyarakat terhibur dengan karyakarya kartun kami. Selain itu, pameran ini juga bertujuan mengenalkan kembali kartun kepada masyarakat agar masyarakat kembali mencintai kartun seperti zaman dahulu,” ungkapnya.(Andika Prabowo)

Sumber: Sindo Jateng

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berakhir Tahun Sambil Menikmati Pameran Kartun"

Post a Comment