Memo SECAC, Jangan Jadi Memoriam


SEMARANG DALAM KARTUN III.  Pameran kartun diadakan tanggal 25 – 26 Mei 1991 di STM Pembangunan Semarang dan diikuti oleh kartunis dari segala penjuru tanah air. Baru Semarang, kota yang menyelenggarakan pameran kartun secara trilogi. Even ini berhasil menyebarkan  wabah virus Humoringitis ke segala pelosok nusantara. Serangan penyakit Humoringitisnya sangat mujarab menyegarkan kehidupan masyarakat. Atas usaha ini,  Semarang mendapat anugrah sebagai Ibukota Kartunis Indonesia.

REORGANISASI SECAC. Awal tahun 1990, SECAC ditinggal pendahulunya. Banyak senior SECAC hijrah ke Jakarta dan bekerja sebagai redaktur surat kabar atau majalah. SECAC mengalami romantisme, begitu diterjang ngurus keluarga atau sebangsanya, bubarlah mereka. Karena itu, diadakanlah Reorganisasi pada tanggal 14 Oktober 1993 di Jl. Arjuna Semarang. Kepengurusan muda berhasil terbentuk dibawah komando Erianto Sulistiono.
KLINIK KARTUN. Senior SECAC yang setia bekerja di Semarang adalah Koesnan Hoesie dan Gunawan Pranyoto. Setelah Reorganisasi SECAC, Klinik Kartun dibawah asuhan Goen pindah tempat dari Jl. Pusponjolo Tengah ke Jl. Majapahit. Dari arena sekolah ngartun ini banyak lahir generasi emas kartunis SECAC.
KETAWA TOTAL 93. Menjawab kekhawatiran Semarang kehilangan hak untuk menyandang gelar Ibukota Kartunis Indonesia, di adakanlah pameran kartun Ketawa Total 93. Arti mendalam bagi harapan kebangkitan kembali Semarang sebagai pusat kegiatan kartunis nasional bersemi di sini. Walau diadakan di pinggir kota, even ini mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat.
Add caption
PRIMITIF 2000. Walau temanya Primitf 2000, namun sama sekali tidak primitif namun justru keterlaluan progresif. Materi Primitif 2000 berbeda dengan pameran kartun yang selama ini beredar. Pameran kali ini bukan lagi menonjolkan gambar, namun berbentuk barang. Istilah kerennya adalah multi media. Kartun yang dipamerkan bisa dilihat, dipegang, dan dirasakan.
KARTUN KELAUTAN. SECAC bekerja sama dengan Sema ilmu Kelautan Undip menyelenggarakan Pameran Kartun Kelautan Nasional di Citra Land Semarang. Kegiatan yang diadakan tanggal 27 – 28 Agustus 1994 ini juga diisi dengan lomba kartun dan demo karikatur wajah.
SECAC REBORN. 90 % kartunis Indonesia berasal dari Semarang, mereka menyebar ke seluruh pelosok nusantara untuk berkarya. Dengan maksud mengumpulkan balung pisah, diselenggarakan SECAC REBORN. Selain diisi pameran kartun dan reuni, diadakan pula munas. Mayoritas anggota SECAC memilih Slamet Widodo sebagai Ketua SECAC masa bakti 2011 – 2015.  
REVITALISASI SECAC. Menghadapi globalisasi dunia dan pentingnya kaderisasi anggota, SECAC mengadakan revitalisasi. Beberapa senior SECAC seperti Koesnan Hoesie, Jitet Kustana, dan Retno PT rela turun gunung memberi motivasi. Didapatkan realita, banyak generasi kini yang ingin jadi kartunis. Revitalisasi SECAC juga diramaikan dengan lomba karikatur.  







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memo SECAC, Jangan Jadi Memoriam"

Post a Comment